TIPS & TRIK

Keistimewaan Murai Batu (MB) kaki hitam dan paruh celah

By

on

Murai Batu (MB) adalah burung tipe fighter yang sangat agresif jika bertemu lawan, karena itulah Murai Batu banyak dilombakan bahkan sering menjadi kelas utama.

Tapi untuk bisa nampil dalam perlombaan, apalagi untuk menjadi juara, seekor Murai Batu (MB) harus memiliki mental fighter yang tangguh agar tidak minder ketika bertemu dengan banyak lawan digantangan.

Selama ini para penggemar Murai Batu (MB) lebih menyukai Murai Batu yang memiliki kaki berwarna hitam, alasannya karena Murai Batu dengan kaki hitam diyakini memiliki mental yang lebih tangguh dan lebih agresif.

Usahakan untuk memilih Murai Batu (MB) yang kakinya berwarna hitam dengan tulang kaki besar dan cengkeraman jari-jari kakinya pada plangkringan terlihat kuat dan mantap, karena Murai Batu dengan ciri-ciri tersebut diyakini memiliki mental fighter tinggi dan berkarakter menyerang.

Perhatikan juga kuku kaki bagian belakangnya, jika warna kedua kuku tersebut tidak sama, diyakini bahwa Murai Batu (MB) tersebut memiliki mental yang tidak stabil.

Tapi untuk memilih bahan Murai Batu (MB) yang prospek lapangan tidak hanya berpatokan pada warna dan bentuk kakinya saja, perhatikan juga ciri-ciri fisik yang lain, di antaranya:

• Kepala

Pilih Murai Batu (MB) yang memiliki bentuk kepala datar/cepak yang ditunjang dengan leher besar dan panjang. Murai Batu dengan bentuk kepala dan leher seperti itu dipercaya memiliki mental fighter tinggi dan memiliki volume suara yang besar.

• Paruh

Murai Batu (MB) dengan paruh tebal dan panjang cenderung menghasilkan suara berdurasi pendek dengan tempo yang lambat, tapi memiliki volume suara yang keras dan lebih banyak mengeluarkan suara-suara nembak.

Murai Batu (MB) dengan paruh pendek dan tipis cenderung menghasilkan suara yang kristal melengking dengan speed rapat dan ngeroll.

Murai Batu (MB) dengan paruh celah dipercaya memiliki volume suara keras dan tembus di atas rata-rata. Oleh karena itulah banyak Kicau Mania yang mencari Murai Batu paruh celah dengan alasan tersebut.

Sebaiknya pilihlah Murai Batu (MB) yang rongga mulutnya berwarna hitam pekat karena menandakan kalau burung tersebut sudah berumur. Burung yang sudah berumur umumnya mentalnya sudah stabil dan sudah siap untuk dilombakan.

• Mata

Pilih Murai Batu (MB) yang memiliki mata belo (besar dan melotot) dengan sorot tajam seperti mengintimidasi. Murai Batu dengan ciri seperti itu diyakini memiliki mental yang kuat dan memiliki karakter menyerang.

• Ekor

Keindahan seekor Murai Batu (MB) terletak pada ekornya yang panjang menjuntai. Dan ciri ekor Murai Batu yang bagus yaitu memiliki bulu yang rapat dan tidak terlalu tebal. Susunan bulu ekor yang rapat, tidak terlalu tebal dan melengkung akan terlihat lebih indah dipandang karena pada saat berkicau Murai Batu akan memainkan ekornya (mecut).

Jangan memilih Murai Batu (MB) yang memiliki ekor bercabang seperti gunting karena Murai Batu dengan ekor seperti itu menunjukkan bahwa kondisinya kurang sempurna dan sulit dibentuk serta sulit jinak.

• Bulu dada

Pada umumnya bulu dada Murai Batu (MB) berwarna coklat dan coklat tua. Tapi jika di amati ada beberapa Murai Batu yang memiliki bulu dada berwarna kekuningan.

Murai Batu (MB) dengan warna bulu dada agak kekuningan merupakan burung yang istimewa karena sangat jarang bisa ditemui dan biasanya Murai Batu tersebut lebih mudah dibentuk dan cepat jadi (gacor).

Pilih Murai Batu (MB) yang memiliki garis hitam didadanya agak ke atas, atau sejajar dengan posisi sayap.

Demikian sedikit informasi tentang “Keistimewaan Murai Batu (MB) kaki hitam dan paruh celah”.(rst)

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply