TIPS & TRIK

Perawatan Yang Tepat Untuk Kenari Mabung Atau Ngurak

By

on

Burung Kenari akan mengalami masa mabung/ngurak pertamanya pada usia 3-4 bulan, yaitu proses pergantian dari bulu piyik ke bulu dewasa. Bulu-bulu piyik pada Kenari akan digantikan bulu-bulu baru yang sudah lebih kuat dengan warna yang lebih cerah jika dibandingkan dengan warna bulu lamanya.

Mabung/ngurak pada Kenari umumnya dimulai dari rontoknya bulu-bulu halus terlebih dulu dan disusul rontoknya bulu-bulu besar pada sayap dan ekornya. Proses pergantian bulu pada Kenari biasanya berlangsung sekitar 8 mingguan dari mulai rontok bulu pertama sampai selesai berganti bulu seluruhnya, sehingga pada usia 5-6 bulan pergantian bulu itu baru selesai secara sempurna.

Dan biasanya setelah berganti bulu dewasa, suara Kenari juga mulai mecah (ngeplong), dari yang sebelumnya hanya ngeriwik dengan irama yang tidak jelas, berubah menjadi lebih keras, lebih berirama khas suara Kenari dan sudah mulai belajar ngeroll.

Tapi banyak juga kasus dimana Kenari yang sudah berganti bulu dewasa tapi masih tetap saja ngeriwik. Hal itu disebabkan karena salah perawatan ketika Kenari masih piyik atau salah perawatan ketika Kenari dalam masa mabung/ngurak.

Perawatan pada saat Kenari mabung/ngurak:

• Tempatkan Kenari yang sedang mabung/ngurak tersebut di tempat yang tenang jauh dari keramaian dan lalu-lalang orang serta gangguan-gangguan lain disekitarnya.

• Full kerodong agar suhu di dalam sangkar lebih stabil sehingga Kenari yang sedang mabung/ngurak tersebut bisa lebih fokus dan tenang dalam menyelesaikan proses mabungnya.

• Berikan porsi pakan lebih banyak dari porsi harian sebelum mabung, karena masa mabung/ngurak sangat menguras energi, sehingga burung membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi san vitamin untuk mempercepat proses pembentukan bulu-bulu baru.

Semakin lengkap asupan nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi, maka kondisi dan performa Kenari setelah selesai mabung/ngurak akan lebih maksimal. Bulu-bulunya juga akan semakin bagus begitu juga dengan kondisi fisik dan suaranya.

• Usahakan untuk menjemur Kenari mulai jam 07.00 pagi selama 15-30 menit rutin setiap hari.

• Selesai dijemur, kandangnya dibersihkan lalu berikan pakan campuran biji-bijian yang berkualitas, pilih saja pakan khusus Kenari dari Brand yang sudah terpercaya. Harga lebih mahal tidak masalah, yang terpenting nutrisi untuk Kenari bisa tercukupi.

• Air minumnya juga diganti setiap hari agar Kenari terhindar dari serangan kuman dan bakteri. Seminggu sekali berikan vitamin khusus untuk burung kicau yang diteteskan kedalam air minumnya.

• Berikan Extra fooding (EF) berupa sayuran segar, seperti:
– Sawi hijau
– Sawi putih
– Selada
– Gambas
– Mentimun
– Daun mengkudu
– Daun ginseng jawa
– Daun krokot, dan lainnya.

Berikan sayur-sayuran dan daun-daunan tersebut secara bergantian setiap harinya.

• Buah-buahan juga perlu diberikan setiap hari secara bergantian untuk mencukupi kebutuhan vitamin dari Kenari. Buah-buahan yang bagus untuk Kenari antara lain:
– Apel
– Buah pir
– Pepaya, dan lainnya.

• Berikan kuning telur ayam kampung pada saat Kenari mulai merontokkan bulu-bulunya dengan porsi sebanyak setengah butir setiap hari agar bulu-bulunya bisa rontok sempurna dan mempercepat proses mabungnya.

Setelah bulu-bulu jarum mulai tumbuh, porsi pemberian kuning telur ayam kampung bisa dikurangi atau diganti dengan telur puyuh.

• Berikan grit/asinan setiap hari, karena grit/asinan sangat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan burung-burung pemakan biji-bijian termasuk Kenari. Grit/asinan juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium Kenari.

• Seminggu sekali Kenari dimandikan dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan shampo khusus burung untuk mencegah kutuan dan menghaluskan bulu-bulunya.

Setelah semua bulu-bulunya tumbuh sempurna, Kenari bisa mulai dimandikan setiap hari.

• Selama Kenari dalam proses mabung/ngurak, kita juga bisa memasternya dengan suara burung-burung masteran yang gacor ataupun dengan suara Mp3 Kenari yang ngeroll panjang agar nantinya Kenari muda yang kita master tersebut juga bisa berkicau dengan durasi panjang menirukan suara masterannya.

Demikian informasi tentang perawatan yang tepat untuk Kenari mabung/ngurak. (rst)

Sumber Okb

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Recommended for you

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply